Arsitektur Model View Controller (MVC)

Pengertian MVC

Model View Controller ­– MVC adalah sebuah pola pemrograman yang bertujuan memisahkan logika bisnis, logika data dan logika tampilan (interface), atau metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (model) dari tampilan (view) dan cara bagaimana memprosesnya (controller). Dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi websiteadalah berbasis arsitektur MVC. MVC memisahkan pengembang aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna dan bagian yang menjadi control dalam sebuah aplikasi website.

mvc-architecture

 

Bagian dari MVC

  • Model adalah komponen MVC yang bertugas mengambil data dari database dan juga memasukkan data ke database. Isi utamanya berupa perintah SQL. Hasilnya dikirim ke controller
  • View adalah komponen dari MVC yang bertugas menampilkan apa yang harus ditampilkan ke pengunjung website. Isinya dapat berupa form, table, gambar, animasi ataupun lainya yang boleh dilihat oleh pengunjung. Jadi view mengatur bagaimana data yang diperoleh dari controller di tampilkan pada user.
  • Control adalah komponen MVC yang bertugas untuk mengirim perintah ke model untuk mendapatkan data yang diinginkan. Controller tidak mengetahui bagaimana data diambil dari database, karena controller tidak berisi kode perintah SQL. Karena itu adalah tugas model. Controller mengolah data dari inputan user dan data dari model kemudian data olahan tersebut dikirim ke view untuk ditampilkan sesuai dengan aturan controller. Controller menghubungkan antara model dengan view dan mengatur hubungan tersebut. Begitulah seterusnya. (sumber)

 

Jenis MVC pada website

  • Server Side MVC
  • Mixed Client Side and Server Side MVC
  • Rich Internet Application MVC

 

Manfaat Menggunakan MVC

  • Kemudahan dalam pengembangan (meningkatkan skalibilitas program), karena pemisahan komponen, sehingga apabila terdapat perubahan terhadap salah satu komponen, tidak mempengaruhi komponen yang lain.
  • Kemudahan dalam perawatan (maintenance), apabila terjadi perbaikan terhadap salah satu komponen, maka tidak berpengaruh langsung terhadap yang lain
  • Bisa digunakan berulang-ulang (reuse), misalnya sebuah model bisa digunakan oleh lebih dari satu macam view, contohnya aplikasi yang diakses melalui desktop browser dan mobile browser.

 

keyword : penjelasan MVC, manfaat MVC,

Advertisements

3 thoughts on “Arsitektur Model View Controller (MVC)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s